Zem Silver, Kerajinan Logam Desa Mijen

Selain memiliki ciri khas tanaman refugia, Mijen juga memiliki home industry kerajinan tangan logam. Zem Silver adalah sebuah rumah produksi kerajinan perak yang didalangi oleh Ershad (32) terletak di RT 4/ RW 1 Desa Mijen. Dengan dibantu 6 karyawan, Ersyad memroduksi berbagai jenis kerajinan tangan berupa perhiasan, perabotan rumah tangga, logo instansi, souvenir, hiasan dinding, dan lain-lain, dengan bahan baku logam terutama perak.

Tidak hanya menggunakan perak, bahan pembuatan perhiasan juga memanfaatkan logam lain, seperti tembaga dan kuningan, yang biasa didapatkan dari toko bahan bangunan dan juga dari pengepul rongsokan. Dalam sehari Zem Silver dapat menghasilkan hingga 20 buah perhiasan maupun souvenir perak.

Perhiasan

 

Hiasan Rumah

 

Logo Instansi Pemerintahan

 

Kerajinan perak ini dijual dalam jaringan (online) dengan memanfaatkan media sosial Facebook (Zem Silver) atau bisa langsung mendatangi rumah industri. Harga dari perhiasan perak bervariasi. Mulai dari Rp. 100.000, hinga jutaan, bergantung dari ukuran, bahan, bentuk, dan tingkat kerumitan kerajinan. Dengan omzet mencapai 30 juta per bulan, Zem Silver telah menjalin kerja sama dengan rumah industri logam lain berskala nasional maupun internasional, seperti Singapura.

Perabotan rumah tangga

Berbagai pameran juga beberapa kali telah diikuti. Hal ini dilakukan agar produk kerajinan logam Desa Mijen dapat dikenali oleh masyarakat lebih luas. Sehingga kelak Zem Silver dapat menjadi sentra kerajinan logam di Kabupaten Demak, bahkan di Jawa Tengah.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan